Wednesday, November 28, 2012

Cara Mudah Mengembalikan Tampilan Web yang Terkena Deface/Hack

Picture taken from www.esslsecurity.com through www.google.com
Beberapa waktu lalu, saya kaget ketika melihat web sebuah organisasi dimana saya adalah adminnya berubah tampilan. Laman web tersebut berisi gambar sosok orang bertopeng dengan tulisan “This site was hacked by X”.
Segera saya login web tersebut, tapi selalu gagal. Bahkan, ketika saya menggunakan fasilitas forgot password, saya masih tidak bisa login. Itu tandanya, hacker sudah mengubah email dan password yang saya gunakan untuk login web itu.

Akhirnya, saya berhasil mengembalikan tampilan web dengan cara-cara berikut:
Ø     Download file zip wordpress dan template web ke PC Anda, lalu extract.
Ø     Buka cpanel, lalu ganti email dan password yang digunakan untuk login web. 
Ø   Perhatikan date modified dari setiap file yang ada di dalam folder public_html. Jika ada kesamaan antara date modified dengan tanggal tampilan web berubah, ada kemungkinan file tersebut telah diubah oleh hacker. Jika di dalam file tersebut ada script mencurigakan, segera hapus file tersebut dan ganti dengan file asli wordpress yang ada di PC Anda.
Ø  Cek setiap file yang ada pada themes, terutama file index.php dan function.php. Biasanya, kedua file ini di-inject hacker dengan code tertentu. Jika benar, maka hapus file tersebut dan upload file dengan nama yang sama dari PC Anda.
Ø  Cek apakah setiap file di cpanel sama dengan file yang ada di wordpress dan template. Jika ada yang tidak sama, buka script-nya. Jika script-nya mencurigakan, jangan khawatir untuk menghapus file tersebut. Biasanya, script dalam file yang disisipkan hacker berbentuk base64encode.
Ø  Jika Anda merasa malas untuk melakukan pengecekan pada themes atau bahkan belum yakin jika web Anda sudah benar-benar bersih, silakan ganti theme web Anda.

Semoga berhasil J

No comments:

Post a Comment