Saturday, April 7, 2012

Book Review: Dunia Sophie

Picture taken from www.agakmisteri.blogspot.com through www.google.com

Judul               : Dunia Sophie
Genre              : Novel Fiksi
Penulis             : Jostein Gaarder
Penerbit           : PT Mizan Pustaka


Novel garapan Jostein Gaarder ini terbit pertama kali dalam Bahasa Norwegia dengan judul Sofie Verden. Berkat kepopulerannya, novel ini diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa, salahsatunya Bahasa Indonesia. Meski telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, esensi dasar-dasar filsafat yang terkandung dalam novel ini tidak berubah.

Novel yang diadaptasi dalam sebuah film pada tahun 1999 ini bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Sophie Amundsen yang mempelajari filsafat dari hal-hal misterius yang perlahan mengubah kehidupannya. Di awal cerita, Sophie dikejutkan dengan sebuah surat kaleng yang ditujukan padanya. Isi surat itu menanyakan hal-hal yang selama ini tidak pernah terpikirkan olehnya, yakni “Siapakah dirimu?”

Tak lama kemudian, ia mendapat surat kaleng dengan pertanyaan aneh lainnya. Karena sering mendapat surat kaleng dengan pertanyaan yang aneh, Sophie menjadi terbiasa dengan hal tersebut. Bahkan, dia menikmati petualangannya yang penuh misteri. Dari surat-surat itulah, Sophie mendapat pelajaran filsafat dari sang pengirim surat yang ternyata seorang filsuf bernama Alberto Knox. Oleh filsuf paruh baya tersebut, Sophie mengenal filsafat dari zaman Socrates hingga Freud.

Rupanya, Sophie dan Alberto adalah tokoh rekaan Mayor Albert Knag yang bekerja di Kedutaan PBB sebagai kado ulang tahun ke-14 bagi putrinya, Hilde. Memasuki bagian akhir cerita, Sophie dan Alberto berhasil melepaskan diri dari  Albert Knag.

Meski terkesan “berat” dengan pelajaran filsafat yang terkandung di dalamnya, buku ini dikemas dengan cerita dan bahasa yang mudah dipahami sehingga menimbulkan rasa penasaran untuk menyelesaikan ceritanya. Tak heran, buku ini menjadi salah satu buku pendamping untuk mempelajari filsafat.

Jadi, apakah Anda sudah siap berpetualang bersama Sophie di dunia barunya?

No comments:

Post a Comment