Friday, April 6, 2012

Kota Semarang, Indonesia: Kampoeng Batik


Buat kalian para pecinta batik, pasti sudah sangat familiar dengan kampung batik yang ada di Pekalongan dan Solo. Namun, tahukah kalian jika ada kampung batik di Semarang?

Ya, batik memang memiliki motif khas yang merepresentasikan daerahnya. Motif Semarangan misalnya, memiliki ciri hal-hal yang berhubungan dengan Semarang, seperti motif pete dan terong yang mewakili sebuah daerah di Semarang bernama Peterongan, motif Lawang Sewu dan Gereja Blenduk yang mewakili tempat wisata ikonik Semarang, dan masih banyak lagi.

Jika kalian ingin menengok langsung bagaimana cara pembuatan batik khas Semarangan atau bahkan ingin belajar membatik, kunjungi saja Kampoeng Batik yang berada di Jalan Batik. Lokasinya tak jauh dari kawasan Kota Lama Semarang.


Di sini, kalian bisa mengunjungi rumah-rumah warga yang mayoritas menjadi butik batik. Kreasi batik yang ditawarkan pun tidak sebatas kain potong, melainkan juga jersey, tas, blazer, kemeja, dress, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Ada baiknya berkunjung ke Kampoeng Batik pada hari Minggu. Biasanya, ada pelatihan membatik bagi para wisatawan yang digelar di balai setempat.

No comments:

Post a Comment