Sunday, August 24, 2014

Bakso Uleg, Makanan Khas Temanggung



Mendengar nama makanan khas Temanggung yang satu ini, mungkin kita akan bertanya-tanya, “Loh, bakso kok diuleg?”.

Seorang temanku menerangkan, makanan ini dinamakan bakso uleg bukan karena baksonya diuleg, tetapi karena makanan ini menggunakan sambal yang diuleg. Namun, penjelasan mengenai nama makanan ini masih membingungkan. Seorang temanku yang lain mengeluarkan pertanyaan yang menggelitik, “Sambal ya pasti diuleg. Kalau belum diuleg, namanya cabe”.

Oke, mari kita luruskan. “Uleg” dalam nama makanan ini berasal dari cara meracik bumbu yang digunakan dalam makanan ini. Kita dapat memesan jumlah cabai yang kita inginkan pada penjual. Cabai tersebut akan langsung diuleg di dalam mangkok sebelum si penjual memasukkan bakso, potongan tahu, ketupat, dan pastinya kuah bakso yang segar.

Eits, ketupat? Ya, berbeda dengan bakso pada umumnya, Bakso Uleg mirip dengan Bakso Kupat karena sama-sama disajikan bersama potongan ketupat. Jadi, potongan ketupat di dalam semangkok Bakso Uleg bukan semata-mata karena si penjual merayakan Idul Fitri hehe.


Yak, makanan ini cocok sekali bagi para pecinta makanan pedas karena pelanggan dapat memesan jumlah cabai sesuai keinginan. Rasa gurih, segar, dan pedas meledak di mulut ketika mencicipi makanan ini. Hmm… penasaran ingin mencoba? Datang saja ke Temanggung, Jawa Tengah! Kita dapat menjumpai banyak pedagang yang menjajakan Bakso Uleg di pinggir jalan raya. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment