Saturday, May 9, 2015

Kabupaten Semarang, Indonesia: Monumen Palagan Ambarawa


Setelah sekian lama absen jalan-jalan, akhirnya hari ini saya jadi tour guide murid-murid salah satu Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang untuk mengunjungi Monumen Palagan Ambarawa. Beruntung, lokasinya di tepi jalan raya sehingga mudah ditemukan.

Monumen ini didirikan pada tahun 1973 untuk mengenang pertempuran melawan penjajah di Ambarawa pada 12-15 Desember 1945. Setahun kemudian, tepatnya pada 15 Desember 1974, Soeharto yang kala itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia meresmikan monumen ini.


Monumen Palagan Ambarawa memang tepat untuk dikunjungi anak-anak karena selain memiliki beragam koleksi alat tempur, ada pula taman bermain yang menyediakan berbagai fasilitas layaknya TK. Selain itu, anak-anak juga dapat melihat bermacam-macam benda bersejarah, seperti seragam dan senjata yang digunakan semasa pertempuran di Ambarawa, yang tersimpan rapi di dalam Monumen Isdiman yang terletak di kompleks monumen ini.

Tampak luar Museum Isdiman

Di sini, orang tua atau guru dapat mengenalkan makna kepahlawanan dan cinta tanah air pada anak. Setelah puas berkeliling dan berfoto ria, anak bisa diajak bermain di taman. Jadi, dalam liburannya, anak bisa bermain sambil belajar. Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi liburan untuk para orang tua dan guru.

Sebuah kereta api yang terletak di dalam kompleks Monumen Palagan Ambarawa



Taman bermain di kompleks Monumen Palagan Ambarawa

No comments:

Post a Comment