Saturday, February 15, 2014

Tips Berlibur ke Singapura

Picture taken from www.graphicartsassociation.com through www.google.com




Inilah daftar hal-hal yang harus disiapkan dan diperhatikan agar dapat menikmati liburan di Singapura dengan nyaman dan aman. Semoga bermanfaat! J
1.      Bawa paspor dan KTP asli dan fotokopi karena terkadang ada wisatawan yang diminta menunjukkan KTP di imigrasi. Jangan lupa simpan hasil scan dan fotokopi paspor serta KTP di rumah di Indonesia.
2.      Tukar mata uang asing di Indonesia karena nilai tukar rupiah di luar negeri terbilang rendah. Namun, jangan lupa bawa rupiah untuk membayar pajak bandara Indonesia. Jika ingin berjaga-jaga, bawalah dollar amerika yang nilai tukarnya terbilang stabil di seluruh negara.

3.      Masukkan cairan dan spray ke dalam plastik sealed karena cairan dan spray yang ditempatkan di wadah yang memuat lebih dari 100ml akan dihancurkan meskipun isinya sudah tidak penuh.
4.      Minta peta setempat di bandara atau di penginapan agar lebih mudah menentukan tujuan perjalanan. Hal ini sangat penting bagi para backpacker.
5.      Minta kartu nama penginapan agar ketika tersesat dapat bertanya jalan menuju penginapan pada orang lain.
6.      Beli kartu EZ-Link dan top-up secukupnya di bandara atau MRT station sebagai alat pembayaran jasa transportasi.
7.      Bawa adaptor universal karena colokan di negara ini berupa colokan tiga kaki.
8.      Bawa sandal, flat shoes, atau sneaker karena baik masyarakat setempat maupun wisatawan lebih sering berjalan kaki.
9.      Bawa botol minum kosong karena ada water fountain di bandara dan MRT station dimana airnya merupakan tap water yang aman untuk diminum. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi para backpacker demi menghemat pengeluaran selama travelling.
10.  Bawa payung kecil untuk berjaga-jaga jika gerimis atau hujan tiba-tiba datang tanpa prediksi.
11.  Jangan bawa permen karet, apalagi makan dan membuangnya karena akan dikenai denda.
12.  Jangan buang sampah sembarangan karena ada dendanya.
13.  Jangan makan dan minum di dalam public transportation, ada dendanya lho!
14.  Di dalam public transportation, jangan duduk di tempat khusus lansia, wanita hamil, dan wanita yang membawa anak kecil. Jika ada orang-orang itu yang berdiri karena tidak kebagian tempat khusus, persilakan mereka untuk duduk di tempatmu.
15.  Bagi yang beragama Islam, pilih makanan, minuman, dan restoran yang berlogo MUIS (Majelis Ugama Islam Singapore) dan berikut merupakan rumah makan halal yang ada di Singapura:
Mc Donald’s
Pizza Hut
KFC (Kentucky Fried Chicken)
Burger King Restaurant
Domino’s Pizza
Swensen’s
Garuda Padang Cuisine
Popeyes Louisiana Kitchen
The Coffee Bean & Tea Leaf
Long John Silver’s
Resto Surabaya
Ayam Penyet Ria
PrimaDeli
Delifrance

No comments:

Post a Comment