Monday, September 1, 2014

Sleman, Indonesia: Candi Ratu Boko


Berwisata ke Candi Prambanan jadi kurang lengkap jika belum mampir ke Candi Ratu Boko yang letaknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar tiga kilometer. Kompleks Candi Ratu Boko dibangun Dinasti Syailendra pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Konon, kompleks candi ini dijadikan sebagai benteng pertahanan. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa kompleks candi ini merupakan tempat ibadah.



Terlepas dari misteri tersebut, kompleks candi ini menyimpan keunikan tersendiri. Kompleks candi yang berada di atas bukit ini terdiri dari gerbang utama, lapangan, Keputren (Istana Putri), kolam pemandian, Candi Pembakaran, pendopo, Gua Laki-Laki (Male Cave), Gua Perempuan (Female Cave), Sumur Amerta Mantana, Stupa Budha, dan Paseban (Ruang Resepsi). Maka, tak heran jika kompleks candi ini justru lebih mirip dengan keraton.


Letak kompleks Candi Ratu Boko yang cukup tinggi memberikan keuntungan tersendiri. Dari sini, kita dapat melihat panorama Yogyakarta yang sangat cantik, terutama saat sunset dan sunrise. Inilah yang menjadi alasan orang-orang menjadikan objek wisata ini sebagai lokasi foto pre-wedding mereka. Bahkan, Candi Ratu Boko pernah menjadi lokasi syuting salah satu film Indonesia. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi kompleks candi ini?

No comments:

Post a Comment