Saturday, April 5, 2014

Newsletter Joglo Pos EDISI I/TAHUN XIV/30 Maret-13 April 2014 Telah Terbit!



Alhamdulillah, ya Allah…
Terima kasih telah memberi kami kesempatan dan kekuatan untuk menerbitkan edisi pertama Newsletter Joglo Pos yang menjadi produk cetak LPM Manunggal pertama yang terbit tahun ini…

Proses yang kami lalui sebelum produk ini terbit benar-benar luar biasa. Karena rapat kerja baru digelar pada akhir Februari, sedangkan aku harus bertolak ke Belgia pada awal Maret, jadi rapat Joglo Pos edisi perdana diadakan pada hari yang sama dengan rapat redaksi, beberapa hari setelah rapat kerja. Ya, bisa dibilang persiapannya sangat mepet.

Formasi tim Joglo Pos tahun ini sangat fresh, semua reporternya baru saja dilantik menjadi pengelola LPM Manunggal. Namun, aku salut dengan mereka karena meski aku tinggal pergi ke Belgia dan Perancis selama beberapa minggu, mereka dan redaktur pelaksananya (redpel) bisa melakukan tugas masing-masing dengan sangat baik. Kekhawatiranku hilang saat membaca tulisan mereka yang sudah diedit Shela, redpel Joglo Pos. Meski baru bergabung, tulisan mereka jauh lebih baik dari bayanganku.

Proses editing produk ini aku lakukan selama di Belgia hingga Perancis. Selisih waktu yang jauh nyatanya tidak mengganggu aku dan Shela untuk saling berkomunikasi. Tiap pukul 21.00 di tempatku dan pukul 03.00 di tempat Shela, kami sempatkan untuk saling berkirim pesan dan bercerita mengenai apapun, termasuk proses peliputan yang dilakukan tim Joglo Pos. Lalu, terbitnya produk ini menjadi kado tersendiri bagiku setelah kembali menapakkan kaki di Indonesia. Syukurlah, produk ini tidak melewati deadline penerbitan, malahan terbit sebelum deadline yang telah disepakati.

Edisi perdana Joglo Pos tahun ini menyajikan berita-berita yang tengah hangat diperbincangkan di kalangan mahasiswa Undip. Pada halaman pertama, terdapat berita mengenai lapangan futsal berkelas internasional yang dimiliki Undip. Kemudian, pada halaman kedua, terdapat berita mengenai Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma yang resmi menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa di Undip. Sedangkan pada halaman ketiga, ada dua berita tentang acara-acara yang baru saja digelar di Undip. Pada halaman terakhir, ada berita mengenai Studio 8 Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip.

Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, Joglo Pos didistribusikan secara gratis oleh LPM Manunggal dan bisa didapatkan di berbagai tempat di Undip, seperti Widya Puraya, perpustakaan masing-masing fakultas, dekanat, masjid Fakultas Teknik, masjid kampus, PKM Tembalang, rektorat, dan kantor redaksi LPM Manunggal. Bagi yang belum kebagian, silakan Download Joglo Pos Edisi I J

No comments:

Post a Comment