Thursday, November 6, 2014

Jiwa Kepemimpinan Menteri Lulusan SMP

Picture taken from www.campbellmacpherson.co.uk through www.google.com

Latar belakang pendidikan tidak semata-mata merupakan patokan apakah seseorang layak menjadi pemimpin atau tidak. Hal ini telah dibuktikan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jokowi-JK, Susi Pudjiastuti.

Mantan pengepul ikan yang menjadi bos Susi Air ini membuktikan bahwa jiwa kepemimpinan harus dipupuk sedini mungkin agar kesuksesan lebih mudah diraih. Tentu, jiwa kepemimpinan tidak tumbuh begitu saja. Harus ada pengalaman serta pembiasaan untuk menumbuhkannya.

Seorang pemimpin yang berasal dari bawah, seperti Susi, kemungkinan besar memiliki pengalaman yang lebih beragam dibanding pemimpin lain. Hal ini dikarenakan dia pernah merasakan langsung apa yang yang dialami masyarakat golongan bawah hingga atas seperti sekarang. Maka, sudah menjadi keharusan Susi menerapkan kebijakan yang prorakyat, tapi tetap rasional dalam segala hal yang berhubungan dengan birokrasi.

Diharapkan, jiwa kepemimpinan Susi yang merakyat tidak diremehkan masyarakat. Gebrakan Susi yang berjanji akan memberikan seluruh gajinya sebagai menteri untuk para nelayan yang sudah tidak bisa melaut, telah memberi nilai plus bagi dirinya di awal kepemimpinan Susi di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Mari kita tunggu dan awasi gebrakan lain yang akan dibuat Susi.

No comments:

Post a Comment