Tuesday, January 20, 2015

Kota Semarang, Indonesia: Vihara Buddhagaya

Tahukah Anda, beberapa tahun yang lalu, Museum Rekor Indonesia (MURI) menobatkan salah satu vihara di Kota Semarang dengan pagoda tertinggi se-Indonesia? Ya, vihara itu adalah Vihara Buddhagaya yang terletak di Watugong, Pudakpayung, Semarang.
Untuk dapat memasuki vihara yang terletak di tepi jalan raya Semarang-Ungaran ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek. Cukup dengan membayar biaya parkir seikhlasnya saat hendak meninggalkan lokasi, pengunjung dapat menjelajahi vihara ini.


Vihara yang diresmikan pada 2006 ini memiliki ikon yang sangat menarik bagi pengunjung, yakni Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna atau kasih sayang) dengan tinggi sekitar 45 meter. Pagoda ini diberi nama demikian untuk menghormati figur cinta kasih dan kasih sayang, yaitu Kwan Sie Im Po Sat.
Pagoda yang terdiri dari tujuh tingkat ini menyimpan Buddha Rupang berukuran besar di dalamnya. Tujuh tingkat yang ada pada pagoda memiliki arti seorang pertapa akan mencapai kesucian pada tingkat ke tujuh, menurut ajaran Buddha.


Patung Buddha Rupang di dalam Pagoda
Di depan pagoda, pengunjung akan disambut Patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang letaknya tak jauh dari Sang Buddha yang duduk di bawah pohon Bodhi. Kabarnya, pohon ini dibawa biku asal Srilanka bernama Narada yang menyebarkan ajaran Buddha di Watugong.
Memasuki pagoda, pengunjung dapat melihat patung Dewi Kwan Im yang diletakkan di empat penjuru mata angin pada tiap tingkat. Hal ini bertujuan agar Dewi Kwan Im dapat memancarkan kasih sayangnya ke seluruh penjuru mata angin.
Patung Dewi Kwan Im yang membawa bunga digunakan pengunjung untuk berdoa memohon jodoh. Sedangkan Patung Dewi Kwan Im yang membawa anak perempuan digunakan pengunjung untuk berdoa memohon anak perempuan. Sementara itu, Patung Dewi Kwan Im yang membawa anak laki-laki digunakan pengunjung untuk berdoa memohon anak laki-laki. Terakhir, Patung Dewi Kwan Im yang membawa tanaman digunakan pengunjung untuk berdoa memohon umur panjang.


Patung Dewi Kwan Im membawa anak perempuan
Patung Dewi Kwan Im membawa bunga
Patung Dewi Kwan Im membawa anak laki-laki

Patung Dewi Kwan Im membawa tanaman

Di kompleks seluas 2,25 hektare ini, selain pagoda, terdapat Bangunan Dhammasala. Bangunan dua lantai ini memiliki dinding yang dihiasi relief Paticca Samuppada. Relief ini menceritakan proses hidup manusia mulai lahir hingga meninggal dunia.
Setiap hari, Vihara Buddhagaya tak hanya ramai dikunjungi orang yang hendak beribadah, melainkan juga sekadar berwisata dan bahkan mengambil foto pre-wedding. Bagaimana, tertarik mengunjungi vihara ini?

No comments:

Post a Comment