Monday, January 12, 2015

Wonosobo, Indonesia: Candi Bogang

Ada yang pernah mampir ke Wonosobo? Atau sekadar lewat di sepanjang jalan Wonosobo-Banjarnegara? Coba deh mampir ke Candi Bogang! Lokasinya gampang ditemuin kok, persis di seberang Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Wonosobo. Kalau laper, bisa makan mie ongklok khas Wonosobo yang warungnya ada di sebelah Candi Bogang. Asyik, kan?

Ya sebenarnya, tempat ini kurang pas disebut candi karena kita tidak akan melihat bangunan candi yang berdiri megah di sini. Lalu, kenapa namanya candi? Kalau bukan candi, apa dong?
Nah, di sini, kita bisa lihat dua bagian besar dari arca Buddha yang konon katanya kalau disatuin dengan bagian-bagian lainnya bisa sebesar arca Buddha yang ada di Candi Mendut. Dulu, ada dua arca lain yang ditemuin di sini, tapi sudah dipindah ke Museum Karmawibangga di kawasan Candi Borobudur demi keamanannya.

Sebelum arca-arca ini ditemukan, nama desa di sini sudah Candi Bogang. Kabarnya, dulu di sini akan dibangun sebuah candi bernama Candi Bogang, tapi fungsinya dialihkan ke Candi Mendut. Maka, pembangunan Candi Bogang dihentikan dan arca yang sudah dibuat ini dibiarkan.
Buat para pecinta sejarah, wajib nih datang ke sini. Mungkin bisa dapat inspirasi buat bikin penelitian atau sekadar menuhin rasa penasaran tentang situs sejarah ini hehe.

No comments:

Post a Comment