Wednesday, December 10, 2014

Mulai Cegah Korupsi? Jangan Apatis pada Politik!

Picture taken from www.kaskus.co.id through www.google.com

Praktik korupsi yang kian marak terjadi harus segera diberantas tuntas. Selain itu, perlu ada langkah preventif sedini mungkin agar praktik kotor tersebut tidak terjadi kembali. Mencegah korupsi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salahsatunya adalah menanamkan pemahaman mengenai dunia politik pada mahasiswa.

Dengan bersikap tidak apatis pada kondisi politik, baik politik kampus maupun Indonesia, secara tidak langsung dapat mencegah adanya praktik korupsi. Hal ini dikarenakan mahasiswa tersebut memahami bagaimana alur birokrasi yang benar serta mampu berpikir dan beraksi kritis menolak korupsi. Selain itu, dengan pemahaman politik yang baik, mahasiswa tidak mudah ditipu oleh praktik korupsi terselubung.

Bersikap tidak apatis bukan berarti selalu mendukung segala kebijakan birokrasi. Sikap tersebut sama sekali tidak membungkam daya kritis mahasiswa. Jika ada sesuatu yang salah, mahasiswa boleh mengkritik dengan santun. Jika hal ini ditanamkan sejak awal, mahasiswa akan terbiasa untuk berhati-hati dan lantang menolak praktik korupsi hingga dewasa kelak.

No comments:

Post a Comment