Monday, March 31, 2014

Brussels, Belgia: Saint Catherine



Saint Catherine adalah salah satu dari sekian gereja berarsitektur indah yang ada di Brussels, Belgia. Gereja ini letaknya saaaaaaangat dekat metro station yang namanya sama dengan gereja ini, Saint-Catherine atau Sint-Katelijne.
Menurutku, gereja ini unik. Banyak restoran yang mengelilinginya. Bahkan, ada juga yang berjualan ikan-ikanan dan bunga. Ada pula musisi jalanan yang mencari nafkah di samping gereja. Sedangkan di depan gereja, ada tempat sanitari yang sekarang udah nggak ada airnya dan berubah fungsi jadi tempat berkumpul remaja sekaligus tempat bermain roller-skate bagi anak-anak.


Sekadar informasi, arsitek yang mendesain gereja ini sama dengan arsitek yang mendesai Palais of Justice loh! Yup, Josef Poelaert yang mendesain gereja ini beberapa abad yang lalu.

Sayangnya, gereja ini tampak kurang terawat dan terlihat gelap, jemaatnya pun tidak terlalu banyak. Padahal, daerah sekitar gereja bergaya campuran Roman, Gothic, dan Renaissance ini banyak dikunjungi orang. Tapi, tetap saja gereja ini jadi salah satu background yang bagus untuk berfoto ketika berkunjung ke Brussels hehe


No comments:

Post a Comment